Pagelaran Wayang Masuk Sekolah, di Gelar Korwil Bidik Kecamatan Gandrungmangu


Cilacap, Tabloid NPP

Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Gandrungmangu menggelar pagelaran wayang kulit sebagai bahan pembelajaran pendidikan karakter siswa.


Pagelaran bertajuk “Peningkatan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Wayang Masuk Sekolah".


Seni Pertunjukan Wayang, diikuti oleh Siswa-Siswi perwakilan tingkat Sekolah Dasar (SD) di Wilayah Pendidikan Kecamatan Gandrungmangu dan perwakilan guru pendamping.


Kepala Korwil Bidik Kecamatan Gandrungmangu Sugiman, S.Pd., M.B.A dalam penjelasannya wayang bisa diaplikasikan untuk menanamkan nilai, dengan contoh konkret dan perilaku yang mencerminkan nilai positif tokoh wayang," Jelasnya.


Dengan mengenalkan wayang kepada peserta didik usia dini, juga telah berperan melestarikan kebudayaan lokal, di samping juga media wayang kulit juga dianggap menarik dan akan menggugah siswa untuk menikmati jalan ceritanya serta mengenali tokoh-tokoh positifnya, guna menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan Wayang juga merupakan kekayaan budaya yang saat ini untuk terus dilestarikan.


Dengan mengambil Lakon: Pandu Suwarga dengan menghadirkan Ki Dalang : Kyai Haji Achmad Muhaimin, S.Pd.i dari Gandrungmangu Kabupaten Cilacap.


Dalam kegiatannya, untuk menunjang minat siswa panitia juga memberikan kuis dan bagi siswa yang bisa menjawab seputar pewayangan mendapatkan hadiah.


Kegiatan juga di hadiri Babinsa Pelda Kusento Mewakili Danramil 10/Gandrungmangu, dan Unsur di lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Gandrungmangu.

Rabu, 26 Januari 2022. **

Diberdayakan oleh Blogger.