Jos Gandos... Inovasi Program Grebek Desa, Cepat Kejar Target


Karawang, Tabloid NPP - Demi memaksimalkan percepatan vaksinasi lansia dan juga mengejar target capaiannya, Puskesmas Kotabaru membuat  program inovasi yang bernama Grebek Desa.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, setiap mengadakan vaksinasi covid-19, Muspika Kotabaru cuma mendapatkan 10 orang saja yang berhasil disuntik vaksin, Kamis (24/3/2022).

Pepatah mengatakan "Lain dulu lain sekarang", kini vaksinasi lansia bisa mencapai 100 orang. Ini membuktikan bahwa program inovasi Grebek Desa, bisa meningkatkan percepatan vaksinasi di Kecamatan Kotabaru, Karawang.

Penggagas program inovasi Grebek Desa adalah Kepala Puskesmas Kotabaru Ucin Suryadi, ia mengatakan sekarang ini vaksinasi lansia sudah mencapai 65 persen.

"Warga yang lansia itu kendalanya banyak, disamping  ada komorbit juga karena data yang kurang up too date dari Dukcapil ke puskesmas dan kecamatan soal data warga yang meninggal dunia serta pindah tempat," ungkapnya.


Inovasi program Grebek Desa ini sudah dilaksanakan sejak dua minggu kemarin, diharapkan dengan inovasi tersebut bisa meningkatkan percepatan vaksinasi secara maksimal.

Ucin Suryadi melanjutkan, "Dari hasil evaluasi sebelumnya yang cuma dapat 10 lansia perhari, Alhamdulillah dengan inovasi program Grebek Desa ini kita bisa tingkatkan vaksinasi lansia lebih dari 10 orang,"

Dengan mengaplikasikan inovasi program Grebek Desa, Muspika bisa fokus di satu desa saja dari pagi sampai sore secara door to door.

"Inovasi program Grebek Desa ini cuma baru ada di Kecamatan Kotabaru, sebagai pilot project/proyek percontohan agar bisa meningkatkan percepatan vaksinasi, khususnya lansia,"

Pewarta: alf/mr.day
Diberdayakan oleh Blogger.