Booster Jadi Syarat Pemudik, Sekda Cilacap Gelar Rapa Percepatan Vaksin


Cilacap, Tabloid NPP-  Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Awaluddin Muuri membuka Rapat Koordinasi Teknis Percepatan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2022 di Hotel NS.

Untuk mencapai target booster 30%, la meminta agar pelaksanaan vaksinasi di Bulan Ramadhan terus digencarkan, salah satu dengan cara melaksanakan vaksinasi setelah waktu berbuka puasa.

“Salah satu upaya yang dapat ditempuh yakni menerapkan strategi vaksin setelah berbuka puasa, sehingga dapat menjangkau masyarakat yang masih ragu bahwa vaksin dapat membatalkan puasa, selain itu, peran pemuka agama dan tokoh masyarakat juga sangat diperlukan dalam sosialisasi vaksinasi ini,” kata Awaluddin, Senin, 4 Maret 2022.

Hadir sebagai pembicara, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Cilacap Eko Widiantoro beserta wakilnya Suryo Wibowo, Komandan Distrik Militer 0703/ yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim Abdul Aziz Lalo, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dian Setyabudi serta Kepala Dinas Kesehatan Pramesti Griana Dewi.

Kapolres dengan didampingi wakilnya mengatakan, sepakat untuk menambah stok vaksin agar target harian dan mingguan dapat tercapai. 

"Sosialisasi booster sebagai syarat mudik juga perlu dilakukan untuk melindungi pelaku mudik dan lansia yang dikunjungi," terangnya.

Lebih lanjut, strategi giat vaksin on the spot, door to door dan memperbanyak gerai vaksin untuk masyarakat di lokasi tempat umum seperti terminal serta supermarket harus dilakukan.

“Pemudik yang sudah vaksin booster tidak perlu swab, tapi yang baru vaksin kedua kalau mau mudik harus membawa bukti swab,” ujar Kapolres.

Sejalan dengan Polres Cilacap, Dian Setyabudi Asisten Pemerintahan dan Kesra mengatakan, bahwa pemberian booster harus dipercepat agar tidak terjadi lonjakan Covid-19 setelah Hari Raya Idul Fitri nanti.

“Cilacap kan tidak mudik, tapi menerima pemudik, kita kan tidak tahu para pemudik itu sehat atau tidak, bawa virus atau tidak, kalau sudah booster paling tidak ada pertahanan, jadi tidak akan terjadi booming lagi,” jelasnya. (s)

Diberdayakan oleh Blogger.