Ratusan Warga Desa Layansari Gelar Aksi Unjuk Rasa Damai, Tuntut Perbaikan dan Status Jalan


Cilacap, Tabloid NPP - Ratusan warga Desa Layansari Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap menggelar unjuk rasa damai di lokasi jalan yang rusak tepatnya di jalan Ahmad Yani Desa setempat, Rabu (29/6/2022).

Unjuk rasa digelar karena kekesalan warga atas status dan kerusakan jalan sepanjang 3 KM sejak puluhan tahun lalu, dan hingga kini masih belum mendapatkan perhatian.

Koordinator Aksi Syaeful Hamzah dalam orasinya, sudah 37 tahun jalan rusak dan sulit dilalui terlebih saat musim penghujan, jalan berlubang dan membahayakan pengguna jalan.

Sudah melalui mediasi dengan berbagai pihak, baik Pemerintah Kabupaten, DPRD, Pemdes Layansari dan merujuk bahwa kejelasan jalan tersebut adalah milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) setelah perwakilan warga menemui langsung ke Kantor BBWS Banjar Jawa Barat dan mendapat kejelasan atas setatus jalan Ahmad Yani," terang Syaeful Hamzah.

Harapnya mewakili warga dan Karang Taruna yang turut turun dalam aksi tersebut, pihaknya akan terus melakukan aksi yang sama, bila mungkin akan melakukan aksi ke Kantor BBWS dengan masa lebih besar, hingga tuntutannya terealisasi secara bukti fisik atas kejelasan jalan dimaksud dari pihak BBWS kepada Pemerintah Desa Layansari sesuai dengan yang dijanjikan.

Menurutnya satu satnya akses menuju perkampungan warga di Dusun Wungusari Desa Layansari sebagai akses vital perekonomian  masyarakat dan pelajar yang akan menempuh ilmu bisa dipergunakan dengan layak dan tidak membahayakan," tambahnya.

"Lanjutnya, pihaknya juga berharap perhatian dari instansi terkait agar jalan yang dikeluhkan selama ini bisa diperbaiki sehingga slogan Bangga Mbangun Desa di Cilacap bisa betul - betul dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat secara merata.

Aksi unjuk rasa damai dapat pengawalan ketat dari Anggota Kepolisian Resort (Polsek) Gandrungmangu, Polsek Sidareja Polsek Bantarsari, Polsek Cipari serta Anggota Koramil 10/Gandrungmangu dan Pol PP Kecamatan Gandrungmangu.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak manapun, dan para pengunjuk rasa membubarkan diri dengan tertib.

#(Sugeng.S)


Diberdayakan oleh Blogger.