Jelang Pemilu, Anggota KPPS Desa Wringinharjo Dilantik

 

Cilacap, Tabloid NPP - Penyelenggaraan Pemilu memasuki tahapan Pelantikan KPPS dilaksanakan secara serentak di masing-masing Desa di Kabupaten Cilacap, dan sebanyak 175 KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap telah dilantik, kegiatan acara bertempat di Pendopo Kantor Desa setempat Kamis (25/1/2024).

Kegiatan diawali pembukaan pembacaan surat keputusan KPU No. 66 Tahun 2024 selanjutnya dilaksanakan pelantikan secara simbolis oleh Ketua PPS Wringinharjo.

Dalam bertugas KPPS membantu KPU untuk melaksanakan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat pelaksanaan Pemilu tahun 2024.


Usai prosesi pelantikan, dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan dan pembacaan pakta integritas oleh seluruh KPPS yang isinya bersedia untuk menyelenggarakan pemilu yang jujur, adil dan berintegritas secara profesional dan efektif, serta diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas.

Menurut Ketua PPS Desa Wringinharjo KPPS ini, akan di tempatkan di 25 TPS di Desa Wringinharjo dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 6.043 orang yang terdiri dari 3.089 laki-laki dan  2.954 perempuan dan masing-masing TPS nantinya ditempatkan 7 orang KPPS," jelas Ahmad Subhan.

Usai pelantikan, KPPS, melaksakan kegiatan penanaman pohon secara serentak, baik di sekitar TPS maupun disekitar rumah masing-masing anggota KPPS.

Menurutnya, hal tersebut sangat perlu, sebagai penyeimbang dengan cara reboisasi tanam pohon, kegiatan tersebut juga sebagai simbol rasa bersyukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa dan rasa terimakasih kepada bumi.


Kemudian katanya, kegiatan akan dilanjutkan Bimbingan Teknis (Bimtek) dari 25 TPS dibagi menjadi 2 hari/2 kelompok yang akan dilaksanakan pada tanggal 27-78 Januari.

Harapannya dengan dibimtek dengan materi regulasi pemilu dapat tersampaikan secara merata ke semua anggota, sehingga nantinya pekerjaan akan lebih cepat dan tepat.

Dan mengimbau agar seluruh KPPS untuk bisa memahami regulasi dengan baik, menjaga netralitas dan integritas sebagai penyelenggara Pemilu," ujarnya.

Turut hadir Hasanan Kepala Desa Wringinharjo, Serma Mei Santiko (Babinsa) PKD Desa Wringinharjo dan dihadiri oleh seluruh PPS Desa Wringinharjo Ketua PPS Ahmad Subhan, Sekretaris PPS Imam Ma'ruf, Siti Rokhimah, Intantri (Anggota PPS), anggota Sekretariat Tuwon dan Mukhlasin.

#(Sugeng.S)

Diberdayakan oleh Blogger.