Polres Karawang, Kapolsek Karawang Kota Tertibkan Knalpot Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis


Karawang, Jabar - Kapolsek Karawang Kota Polres Karawang Kompol H. Marsono bersama jajaran melaksanakan penertiban kendaraan yang memakai knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis di jalan raya, Selasa (6/2/2024).

"Sesuai arahan Kapolres, kami mengamankan 1 unit roda dua yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis di depan Mako Polsek Karawang Kota," terang Kapolsek Karawang Kota 

Ia mengungkapkan, banyaknya pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Karawang didominasi oleh pengendara roda dua dari kalangan remaja yang tidak memiliki SIM, TNKB, knalpot bising dan juga tidak memakai helm ketika berkendara.

Kompol H. Marsono menambahkan, Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan dengan harapan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat di Kabupaten Karawang.

Kapolsek mengungkapkan, pihaknya akan memberikan pengetahuan lalu lintas secara preemtif, utuh dan menyeluruh. Ingatkan masyarakat tentang sebab akibat dari pelanggaran yang dilakukannya.

Diketahui bahwa, untuk penggunaan knalpot yang tidak memenuhi persyaratan teknik dan laik jalan, hal tersebut dinyatakan melanggar Perda Karawang No 12 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Ketenteraman dan Perlindungan Masyarakat.

Sesuai Pasal 19 huruf (j) dijelaskan, setiap orang atau badan dilarang membuat dan/atau menjual knalpot racing/brong apabila tidak sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) tanpa izin.

Dan huruf (k) yang berbunyi, setiap orang atau badan dilarang menggunakan knalpot racing/brong apabila tidak sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) tanpa izin.

Perwira menengah Polri itu secara tegas mengimbau, bagi para pengguna knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis untuk segera mengganti dengan knalpot kendaraan yang sesuai standar (SNI).

Jika pengendara masih tetap menggunakannya, maka pihaknya akan menindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami berharap, masyarakat, khususnya para remaja tidak lagi menggunakan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis, demi kenyamanan kita bersama," tandasnya.

Kapolres Karawang_AKBP Wirdhanto Hadicaksono
Diberdayakan oleh Blogger.