Kajian Ragam Ramadhan Mushola Fajrul Ikhwan di Desa Sudagaran



Cilacap, Tabloid NPP - Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa, siapapun hamba-Nya yang bisa melewatinya sesuai dengan petunjuk Allah SWT dan Rasulullah SAW, maka dia akan keluar dari Bulan Ramadhan menjadi pribadi yang tangguh.

Seperti kutipan yang disampikan lmam Musholla Fajrul lkhwan usai melaksanakan sholat tarawih kepada jamaah saat sarasehan bersama para jamaah dalam Ragam Ramadhan.

Musholla Fajrul Ikhwan itu sendiri berada di tengah - tengah perkampungan padat penduduk di Desa Sudagaran RT 03-RW 01 Kecamatan Sidareja, dan sudah berdiri hingga beberapa puluh tahun yang lalu dan mengalami beberapa kali pemugaran hingga saat ini menjadikan Musholla Fajrul Ikhwan tampak bagus dan sempurna serta nyaman bagi jamaah.

Hal yang biasa dilakukan saat memasuki bulan suci ramadhan dan sesuai sholat tarawih, lmam Musholla memberikan kajian, wajibnya taqwa dan menjalankan perintahNYA, juga nilai- nilai keagamaan yang patut kita perbuat, serta nilai -nilai kesabaran dalam menjalani kehidupan.


Seperti belia sampaikan bahwa, Hakikat dunia memang selalu dinamis dan berputar keadaannya, jadi hal yang kita butuhkan ialah bersabar, dalam ilmu tasawuf disebutkan, "Kalau engkau mengeluh pada teriknya matahari ketika siang hari, maka sabar saja, karena sebentar lagi akan malam. Kalau engkau mengeluh pada dingin yang datang pada malam hari, maka bersabar saja, karena sebentar lagi akan pagi. Namun jika engkau dapat mengambil manfaat dari teriknya matahari tersebut, (engkau akan dapati hikmah yang bisa kau syukuri), misalnya jemuran yang basah akan menjadi kering." ucap Gus Zam Zami.

Pada malam kedua sholat tarawih, Imam Musholla dalam membekali keilmuannya kepada jamaah agar manfatkan sebaik-baiknya, untuk sukses dunia dan akhirat,” tukas Gus Zam-zami selaku lmam Musholla Fajrul Ikhwan didampingi Serka Djoyo Sugiarto Anggota Koramil 11/Sidareja yang turut dalam sholat Tarawih Ramadhan 1445 Hijriyah.

Semoga dengan niat yang tulus, kegiatan kajian usai sholat tarawih ini akan mendapatkan ridha Allah SWT sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan Ramadhan Kareem," tuturnya.

#(Sugeng.S)

Diberdayakan oleh Blogger.