Pj Bupati Cilacap Serahkan Sertipikat Program PTSL-PM di Desa Gintungreja Tahun 2024


Cilacap, Tabloid NPP - Pj Bupati Cilacap menyerahkan sertipikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap - Partisipasi Masyarakat  (PTSL-PM) tahap kedua sejumlah 200 sertifikat secara simbolis kepada warga di Desa Gintungreja Kecamatan Gandrungmangu.

Acara dilaksanakan di Pendopo Balai Desa setempat, Senin 3 Juni 2024.

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan program sertipikasi tanah dari pemerintah melalui kementrian ATR/BPN dalam rangka menjamin kepastian hukum serta perlindungan hukumnya pada hak atas tanah yang dimiliki masyarakat, dan akan dilakukan bertahap dan merata.

Acara dibuka oleh Kepala Desa Gintungreja, pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Pj Bupati Cilacap, Kepala Dispermades, Kepala PUPR, Kepala Bakesbangpol, Bapenda,  dan instansi lain, Forkopinacam Gandrungmangu, Para Kepala Desa serta undangan lainnya, yang telah menghadiri undangan kami dalam rangka Penyerahan Sertipikat Tanah Program PTSL-PM tahun 2024.


Rasa syukur yang mendalam bahwa kegiatan hari ini bisa dihadiri Pj Bupati, harapannya akan menjadi pendorong semangat masyarakat dan antusias warga guna mengikuti program PTSL di Desa Gintungreja," ucap Suyanto.

Kemudian daripada itu hadirnya Pj Bupati Cilacap akan membawa angin segar guna melihat secara langsung Desa Gintungreja yang masih jauh dari harapan masyarakat.

Dengan demikian usulan kami akan menjadi skala prioritas guna meningkatkan pembangunan di Desa, sehingga Desa Gintungreja akan setara dengan desa - desa maju lainnya," paparnya.

Sementara dari Kantor BPN Cilacap melalui Tim 1 menjelaskan, Desa Gintungreja adalah juga salah satu Desa yang sangat prioritas diwilayah Kecamatan Gandrungmangu bahwa penyerahan sertipikat bisa dihadiri langsung oleh Pj Bupati, ini merupakan perhatian khusus dan melihat secara langsung antusias warga dalam mengikuti program dimaksud.

"Kemudian, kami dari BPN Cilacap mengapresiasi kepada pihak pihak terkait yang ikut mensukseskan dan mendukung program pemerintah ini, khususnya kepada masyarakat di Desa Gintungreja dan Cilacap secara keseluruhan pada umumnya," papar Abdul Latif.

Dan di Desa Gintungreja sudah memperoleh 80% sudah sekitar 2600 pemohon, ini merupakan perolehan pendaftaran tertinggi di Kabupaten Cilacap di program PTSL tahun 2024, dan masih ada sisa waktu empat bulan kedepan masyarakat masih berkesempatan untuk mendaftar," tutupnya.

Dalam keterangannya, Pj Bupati Cilacap mengatakan bahwa program ini diluncurkan sebagai program prioritas nasional untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam proses pembuatan sertipikat tanah.

“Kepada penerima program yang telah menerima sertipikat, pesan Pj Bupati untuk dapat menjaga, merawat serta memaksimalkan pemanfaatan tanah dengan kegiatan produktif, untuk mendukung peningkatan kesejahteraan dan sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi daerah.

Dan Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, sandang, pangan, dan papan," kata Awaluddin Muuri, AP., MM.

Dalam paparannya, Pj Bupati juga mengakomodir usulan Kepala Desa dimana permintaan masyarakat untuk pembenahan infrastruktur fisik seperti lanjutan jalan menuju arah Balai Desa serta usulan Wisata Desa yang ada di wilayah Desa Gintungreja mengacu pada 10 Program Kerja Pj Bupati Cilacap.

Acara inti penyerahan Sertifikat Tanah Program PTSL-PM secara simbolis kepada penerima manfaat oleh Pj Bupati Cilacap diikuti oleh tamu undangan lainnya.

Tampak hadir, Bintang Dwi Cahyono AP., MM Kepala Dispermades Cilacap, Luhur Satrio Muchsin Kasatpol PP Cilacap, Taryo Ka. Kesbangpol, Sukaryanto Dishub, Abdul Latif dari Kantor BPN Cilacap Ketua Tim 1, Wahyu Ari Pramono Kepala Dinas PUPR Cilacap, Muji Utomo Plt Kepala Dinas Bapenda, Hari Winarno Plt Camat Gandrungmangu, AKP Yusuf Kapolsek Gandrungmangu Kapten Inf Tasino Danramil 10/Gandrungmangu, Pemdes Gintungreja beserta Lembaga Desa, Pokmas Desa Gintungreja, Heri Laksono Ketua Pokdar Kamtibmas Kecamatan Gandrungmangu dan anggota, Kepala Desa se Kecamatan Gandrungmangu serta tamu undangan lainnya.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah.

Sugeng.S


Diberdayakan oleh Blogger.