Rapat Koordinasi dan Silaturahmi Pokdar Kamtibmas Sektor Gandrungmangu


Cilacap, Tabloid NPP - Pokdar Kamtibmas, atau Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, adalah sebuah organisasi masyarakat yang dibina oleh kepolisian untuk membantu tugas polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Pokdar Kamtibmas bertugas secara sukarela untuk, Menyamankan dan menertibkan masyarakat, Menyelesaikan perselisihan masalah dengan jalan bermusyawarah serta melakukan penyuluhan dan pencegahan. 

Dalam hal terkait guna memaksimalkan fungsi dan perannya, Pokdar Kamtibmas Sektor Gandrungmangu menggelar rapat koordinasi sekaligus agenda silaturahmi rutin, kegiatan bertempat di Aula Balai Desa Wringinharjo, Rabu malam 10 Juli 2024.

Ketua Pokdar Kamtibmas Resort Cilacap Sektor Gandrungmangu dalam kesempatannya menjelaskan, Pokdar Kamtibmas berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dan bersifat independen, kekeluargaan, dan sosial, Pokdar Kamtibmas juga merupakan mitra dari Polri dan Pemerintah. 

Rakor mengusung agenda pembahasan mengenai program kerja dan pemantapan  pengurus dan anggota serta penanggulangan Kamtibmas di Wilayah Sektor Gandrungmangu.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pengurus dan anggota yang tetap bersemangat memajukan  dan eksis di wilayah sektor Gandrungmangu.

“Dan juga kami mengucapkan terima kasih banyak kepada pengurus-pengurus dan juga anggota dengan semangat bersedia menjadi bagian dari Pokdar Kamtibmas serta komitmennya mendukung program-program Pokdar Kamtibmas," papar Heri Laksono.

Jadi diharapkan kepada seluruh pengurus dan anggota mari bersama-sama kita berperan aktif dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat, karena kita adalah mitra polisi yang berasal dari berbagai kalangan dan profesi di masyarakat.

Kemudian, Imam Ma'ruf Anggota Pokdar Kamtibmas Desa Wringinharjo menambahkan bahwa dirinya merasa sangat antusias terhadap kekompakan serta semangat semua anggota Pokdar Kamtibmas yang sudah terbangun selama ini.

“Berharap, patut menjadi contoh bagi daerah lain, bahwa Pokdar Kamtibmas merupakan mitra kepolisian yang berada di garda terdepan dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat, dan diharapkan dengan adanya Pokdar Kamtibmas, kejadian kejahatan dan penyakit masyarakat dapat diminimalisir," ujarnya.

Beberapa point yang dihasilkan dari hasil rakor diantaranya, memaksimalkan kembali pertemuan rutin setiap tiga bulan, anggaran kegiatan, penyusunan program kerja tahunan, pengadaan seragam dan kelengkapan Pokdar Kamtibmas.

Acara di akhiri tanya jawab yang dipandu oleh Untung Prayitno selaku Sekretaris seputar rambu - rambu tingkat penanganan masalah kamtibmas dan ditutup ramah tamah.

Tabloid NPP (Nuansa Pendidikan & Pedesaan)

Sugeng.S






Diberdayakan oleh Blogger.