Fakultas Teknik Unsika Gelar Raker Pedoman Akademik Menuju Pendidikan Berkualitas


Karawang, Jabar - Fakultas Teknik Universitas Sinaperbangsa Karawang (Unsika) menggelar rapat kerja Optimalisasi Pedoman Akademik & Pengelolaan Laboratorium Menuju Pendidikan Berkualitas di Fakultas Teknik Unsika, yang diselenggarakan di Hotel Swiss Belin Karawang.

Dosen Fakultas Teknik Dr. Siswadi., MPd menjelaskan, Raker ini ditujukan untuk Fakultas Teknik Semester Genap, meliputi pembahasan terkait optimalisasi pedoman akademik dan pengelolaan laboratorium untuk pendidikan yang berkualitas, khususnya untuk Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang.

"Jadi kita memperbaharui pedoman Akademi yang ada disesuaikan dengan program-program terkini," ujar Ketua Raker Tahun 2024 pada hari Kamis (1/2/2024).

Seperti yang diketahui, pedoman akademik itu dari Kementerian maupun dari Universitas. Sehingga setiap fakultas harus menyesuaikan dengan peraturan yang baru.

Siswandi menyebutkan, ada peraturan Rektor Unsika Karo No.5 Tahun 2004 tentang Program Diploma Sarjana dan Pascasarjana Universitas Singaperbangsa.

Di sana diatur bahwa ada aturan-aturan terbaru terkait dengan pengelolaan di tingkat fakultas, baik itu turun ke Prodi maupun ke fakultasnya. Sehingga setiap fakultas di lingkungan Universitas Singaperbangsa harus menyesuaikan dengan peraturan-peraturan tersebut.

"Pedoman akademik tersebut paling lama, selambat-lambatnya akan terealasi di Tahun Ajaran 2024-2025," kata Ketua Raker 2024 itu.

Ia berharap, pedoman ini mampu diimplementasikan oleh para Prodi. Kemudian Prodi membuat turunannya supaya mahasiswa bisa memahami peraturan hal akademik ini dengan baik dan benar.

"Kedepannya, akan dilakukan setahun dua kali, dengan harapan dapat membahas permasalahan - permasalahan yang lebih kontekstual lagi untuk membahas program yang akan dilakukan.

"Hal itu demi kemajuan Fakultas Teknik, khususnya di Unsika bisa terus dan menjadi fakultas atau produk Prodi yang unggul di tingkat Internasional," pungkas Siswandi.
Diberdayakan oleh Blogger.