Edukatif! PLN Sosialisasi Keselamatan Ketenagalistrikan Kepada Pelajar SMK Negeri 1 Klari


Karawang, Jabar - Pawang Padi yaitu PLN Karawang Peduli Mengajar dan Berbagi adalah salah satu kegiatan sosialisasi dan edukasi ketenagalistrikan PLN UP3 Karawang kepada masyarakat, siswa-siswi baik yang setingkat SD, SMP ataupun SMA/SMK dan Perguruan Tinggi. 

Pawang Padi kali ini diselenggarakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Klari , Jalan Raya Kosambi, Curug, Cimahi Kecamatan Klari Kabupaten Karawang dan sasaran edukasinya adalah seluruh siswa kelas 3 dan para guru di sekolah tersebut. 

Edukasi kali ini diwakilkan oleh PLN ULP Kosambi dan dipimpin langsung oleh Manager ULP Kosambi Ridwan Solahudin. Pada kesempatan tersebut disampaikan terkait info Keselamatan Ketenagalistrikan, informasi layanan dan produk-produk PLN terbaru. Untuk memudahkan penjelasan  Keselamatan Ketenagalistrikan Tim PLN menggunakan sebuah Alat Simulasi K3 yang dapat memberikan contoh saat terjadinya potensi bahaya keselamatan ketenagalistrikan dan penyebab terjadinya padam.

Imam Ahmadi selaku Manager PLN UP3 Karawang  menyampaikan bahwa Informasi Keselamatan Ketenagalistrikan sangat penting untuk diketahui oleh anak-anak usia sekolah. Sehingga Tim PLN yang diwakili oleh PLN ULP Kosambi menjabarkan secara rinci hal-hal yang berpotensi mengakibatkan padamnya aliran listrik. 

“Karena mereka sering melihat secara langsung jaringan listrik yang ada maka dengan adanya edukasi ini mereka lebih peduli lagi akan bahaya kelistrikan yang mungkin terjadi” ucapnya.

Untuk menjaga listrik agar tetap handal, PLN mengajak seluruh siswa dan guru untuk lebih peduli terhadap hal-hal yang bisa menyebabkan listrik padam atau yang bisa membahayakan keselamatan dalam penggunaan listrik.

Disamping itu PLN ULP Kosambi juga menyampaikan informasi tentang aplikasi PLN Mobile yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak sekolah untuk melaporkan kejadian yang berpotensi terhadap bahaya listrik. Selain untuk pengaduan, aplikasi PLN Mobile memiliki banyak keunggulan yang dapat di gunakan seperti pembelian token, pembayaran rekening listrik, permohonan pasang baru / tambah daya dan menu lainnya yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja oleh anak-anak sekolah. 

Dra. Ade Mardiah Hayati, M.Pd selaku Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Klari Karawang sangat mengapresiasi kegiatan edukasi yang dilakukan oleh PLN ULP Kosambi ini. Seluruh peserta baik siswa dan guru sangat senang menerima informasi-informasi yang disampaikan oleh PLN.

"Informasi yang kami terima sangat bermanfaat sekali untuk siswa dan para guru. Terimakasih buat PLN semoga kegiatan seperti ini bisa dilakukan kembali untuk kelas-kelas berikutnya" ujarnya. 

Ditemui di tempat lain Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jawa Barat sangat menyambut baik kegiatan ini, “edukasi sedari dini dapat menjadi upaya pencegahan kecelakaan umum akibat bahaya listrik selain itu melalui edukasi ini pula siswa mengetahui bagaimana cara menghubungi PLN pada saat ada kondisi bahaya listrik” tutupnya

PLN mengimbau kepada siswa dan guru agar berpartisipasi dalam menjaga Keselamatan Ketenagalistrikan dengan cara melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile apabila melihat hal-hal yang membahayakan terkait dengan Kelistrikan.
Diberdayakan oleh Blogger.