Peninjauan Komisi A DPRD Cilacap, Satpol PP Cilacap, Dalam Rangka Pemberdayaan Linmas di Kecamatan Gandrungmangu



Cilacap, Tabloid NPP - Pemberdayaan Linmas, atau Perlindungan Masyarakat (Linmas), adalah upaya untuk memberdayakan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya. 

Linmas adalah satuan tugas warga yang dibentuk oleh pemerintah dan dilatih dalam berbagai hal, seperti pemadam kebakaran, pertolongan pertama, dan penanggulangan bencana. Mereka bekerja secara sukarela untuk mendukung pemerintah dalam melindungi masyarakat dan menghadapi situasi darurat. 

Guna penguatan tersebut melalui Komisi A- DPRD Kabupaten Cilacap bersama Satpol PP Kabupaten Cilacap meninjau kesiapan sekaligus membekali Linmas di Kecamatan Gandrungmangu.

Hadir Bambang Suprayitno, S.IP Kasi Trantibum Kecamatan Gandrungmangu, Ndanton Linmas beserta Kepala Desa dan Sekdes se Kecamatan Gandrungmangu mengikuti kegiatan dimaksud, bertempat di Pendopo Kecamatan setempat, Selasa 9 Juli 2024.

Eman Suherman Kabid Linmas Kabupaten Cilacap, Taufik Urokhman Hidayat, Harun Arrosyid DPRD Cilacap, Fathan Adhy Candra, S.STP., MM Camat Gandrungmangu selaku Narasumber

Dalam paparannya, Camat Gandrungmangu menyampaikan terimakasih kepada unsur terkait dan undangan yang sudah memenuhi undangan, kemudian kepada Linmas untuk menyimak paparan Narasumber sehingga

setelah kembali kewilayah masing-masing dapat menerapkan ilmu yang didapatkan terkait dengan penanganan masalah yang ada diwilayah, terutama dalam hal penanganan keamanan lingkungan dan ketentraman masyarakat dan dapat berkoordinasi dengan Kepala Dusun bila mana melihat ada gangguan keamanan yang ada di daerahnya untuk dilaporkan kepada Kepala Desa masing-masing," tegas Fathan Adhy Candra.

Kemudian diharapkan Linmas dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman perihal dalam menghadapi pencegahan dini gangguan ketertiban dan ketentraman, sehingga dapat berpartisipasi membantu pemerintah dalam menciptakan kondisi aman dan bisa memberikan informasi/ laporan tempat-tempat dimana sering terjadinya gangguan Masyarakat.

Sementara paparan dari Komisi A menjelaskan terkait tugas fungsi dan peran Linmas serta alokasi anggaran, kemudian kunjungan ini untuk melakukan pengecekan data pelatihan kelinmasan, melakukan pendataan tentang Satgas Linmas yang mengacu pada Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat, dan pendataan Linmas.

Serta diperoleh data-data yang memberikan gambaran secara aktual guna menunjang pelaksanaan tugas dan tanggungjawab serta hak-hak anggota Satlinmas dalam rangka peningkatan kesejahteraan bagi anggota Satlinmas khususnya yang masih aktif," kata Taufik Urokhman Hidayat.

Diharapkan Satuan Linmas dapat menjadi pelopor dan pengerak Pengamanan di tengah-tengah masyarakat dan terwujud kerjasama yang sinergi antara Pemerintah Dearah dengan Instansi terkait TNI, Polri, dan Tokoh Masyarakat , RT/RW untuk membentuk kelompok-kelompok masyarakat menciptakan situasi tertib, tentram dan aman," ajak Eman Suherman dari Satpol PP Kabupaten Cilacap mewakili Kasatpol.

Harapannya, agar Komisi A untuk mengangarkan kembali merumuskan baik anggaran kesejahteraan, seragam baru agar kesiapan dalam pelaksanaan Pemilukada nanti Linmas bisa mempunyai seragam baru dan anggaran yang memadai.

"Serta menjelaskan beberapa Aplikasi yang dimiliki Satpol PP"

Jadi intinya bahwa Peninjauan Komisi A DPRD Cilacap dan Satpol PP Cilacap, Dalam Rangka Pemberdayaan Linmas adalah penekanan mewujudkan perlindungan dan pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat dami, aman dan tentram, maka optimalisasi peran Linmas SIAP untuk terus ditingkatan sesuai dengan paradigma baru," tutupnya.

Acara diakhiri tanya jawab seputar ke Linmas'an dan ramah tamah.


Tabloid NPP (Nuansa Pendidikan & Pedesaan)

Sugeng.S

Diberdayakan oleh Blogger.